Internal Link WordPress

Internal link sederhana sebenarnya sudah ada secara bawaan dari tiap CMS, termasuk wordpress namun ada juga internal link tambahan dari plugin khusus seperti plugin SEO Auoto Link Related Post.

Internal Link Bawaan CMS WordPress

  1. Di Bagian Menu, tiap halaman yang kita pasang di bagian menu akan mendapatkan link dari tiap halaman website kita. Karena tampilan menu bersifat permanen, maka halaman-halaman inilah yang akan mendapatkan link internal paling banyak.
  2. Di bagian widget, pada website berbasis wordpress ada beberapa widget dasar yang bisa kita tampilkan seperti widget recent post, widget kategori, widget tag dan lainya. Jika widget tadi kita tampilkan di website maka akan otomatis mendapatkan link internal.

Dengan menggunakan fasilitas bawaan dari wordpress, yang akan mendapatkan internal link palink sedikit adalah halaman posting. Ini karena widget Recent Post bersifat dinamis, dan setiap ada posting baru maka urutan link postink lama akan digeser dan urutan paling bawah (nomer 5) tidak lagi muncul.

Jika kita update artikel terlalu cepat misalnya sehari 5 kali maka kita bisa gagal membangun internal link dengan widget recent post, karena sebelum google mengindex link tersebut link ke recent post sudah berubah.

Internal Link Dengan Plugin SEO

Untuk mengatasi masalah tersebut, dan untuk menyempurnakan internal link ke halaman posting kita butuh bantuan plugin SEO seperti SEO ALRP (SEO Auto Link Related Post) Atau plugin lainya yang semisal. Jika kita tidak menggunakan fasilitas plugin SEO tersebut, kita bisa melakukanya secara manual.

Kita bisa melihat jumlah data link internal mulai dari halaman dengan paling banyak link dari halaman lain hingga halaman yang paling sedikit dilink dari halaman lain di google webmaster. Cari-cari saja di sana pasti ketemu.

Manfaat internal link dalam mengoptimalkan SEO suatu halaman jauh lebih besar daripada jika kita mencari backlink dari luar (SEO Of Page) apalagi jika kita tidak berencana untuk mencari backlink atau mengharapkan backlink natural yang datang sendiri tanpa diminta, maka membangun link internal sudah menjadi keharusan yang serius.

Tinggalkan komentar

You might also likeclose