Tips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Anda merasa memiliki daya ingat yang menurun? Atau Anda seringkali merasa bahwa Anda kesulitan untuk konsentrasi? Eits, Anda harus segera mengatasinya lho karena kalau tidak dan dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan masalah kesehatan yang fatal nantinya. Jika sudah sakit, Anda nantinya akan pusing melalui proses tes darah atau periksa kesehatan di laboratorium.

Tips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Dan disini kami akan berikan informasi bagaimana tips untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang menurun. Akan tetapi sebelum Anda menyimak tipsnya ada baiknya Anda cari tahu dulu apa sih yang menjadi penyebab daya ingat dan konsentrasi menurun? Langsung saja yuk kita cari tahu penyebabnya.

Beberapa aspek yang dapat menyebabkan daya ingat dan konsentrasi menurun diantaranya karena stress dan terlalu banyak mengalami tekanan dan beban mental, kurang istirahat dan kinerja tubuh terlalu dipaksakan, karena pengaruh gaya hidup seperti konsumsi alkohol, rokok dan sejenisnya. Juga disebabkan karena pengaruh gaya hidup, seperti mengonsumsi alkohol, rokok dan sebagainya. Selain itu penyebab lain dari daya ingat dan konsentrasi yang menurun adalah karena gangguan elektrolit tubuh, karena penyakit demensia, pengaruh gula darah, dan juga bisa terjadi akibat pengaruh dan efek samping obat – obat tertentu.

Itulah beberapa penyebab daya ingat dan konsentrasi menurun yang wajib Anda tahu. Lantas, bagaimana tips jitu untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi? Disini kita akan mengupasnya secara detail.

Tips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Bagi Anda yang merasa bahwa daya ingat dan konsentrasinya menurun, ada beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang harus Anda tahu diantaranya :

Tingkatkan daya ingat dengan konsumsi makanan yang tepat

Upayakan untuk Anda atur pola makan, dan pastikan mengonsumsi makanan sehat yang didalamnya memiliki nutrisi lengkap seperti sayur – sayuran hijau, minyak ikan, kedelai dan yang lainnya. Upayakan untuk Anda kurangi berbagai makanan yang didalamnya mengandung banyak lemak jenuh. Sebisa mungkin Anda juga perlu kontrol gula darah karena gula darah yang tidak seimbang dapat mengganggu semua sistem di tubuh Anda termasuk sistem saraf otak. Untuk elektrolit tubuh juga perlu Anda perhatikan. Dan Anda bisa menjaga elektrolit tubuh dengan konsumsi banyak air putih.

Tingkatkan daya ingat dengan rajin olahraga

Mungkin Anda bertanya – tanya “memang ada hubungan antara daya ingat dengan olahraga?” Jawabnya tentu saja ada J Salah satu manfaat olahraga adalah untuk melancarkan sirkulasi darah termasuk juga sirkulasi darah ke otak karena dengan lancarnya sirkulasi darah ke otak maka sel – sel dan jaringan otak akan mendapat suplai oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga akan sehat dan konsentrasi serta daya ingat Anda juga akan optimal.

Tingkatkan daya ingat dengan melatih dan mengasah otak

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengasah otak. Mulai dari bermain catur, mengisi teka teki silang, dan berbagai macam permainan strategi dapat membantu mengasah otak. Dan dengan demikian maka daya ingat seseorang akan lebih baik. Bahkan membaca dan menulis juga bisa menjadi salah satu strategi untuk mengasah daya ingat dan meningkatkan konsentrasi.

Tingkatkan konsentrasi dengan cukupi istirahat dan atur aktivitas

Upayakan untuk pastikan Anda istirahat yang cukup karena dengan istirahat yang cukup sangat berpengaruh kepada fokus dan kemampuan mengingat Anda. Istirahat yang cukup juga bisa menjadi ajang untuk istirahat otak dari kegiatan berpikir. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa tidak hanya tubuh, tangan, mata dan kaki saja yang butuh istirahat akan tetapi otak juga sangat membutuhkan istirahat. Dan dengan tidur otak bisa kembali fresh dan menghindarkan juga dari stres J

Tingkatkan daya ingat dengan peduli terhadap diri sendiri

Mengurus diri sendiri memang sangat penting baik dari segi makanan yang dikonsumsi, aktivitas yang dilakukan dan masih banyak lagi. Selain itu yang juga tidak kalah penting adalah jika Anda memang menderita suatu penyakit ataupun tubuh Anda menunjukkan berbagai gejala gangguan kesehatan terlebih yang berhubungan dengan fungsi otak, maka periksakan diri Anda karena dengan begitu Anda akan menemukan solusinya.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Tips Jitu Tingkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi bermanfaat. Yuk jaga selalu kesehatan sejak dini termasuk juga kesehatan otak Anda.

Tinggalkan komentar

You might also likeclose