Mencari Jati diri Kejawen

Layanan Jasa SEO

 Ada seorang teman yang bertanya, bagaimana caranya untuk memulai mencari jati diri?Mencari jati diri memiliki arti umum mengenali siapa sebenarnya diri kita pribadi. Tetapi pencarian jati diri secara khusus memiliki arti yang dalam yaitu proses pencarian Urip (hidup) yang ada dalam diripribadi kita.

Dalam proses mencari jati diri ini tidak mudah, karena memerlukan ketekunan dan kesabaran yang luar biasa dalam melatih diri untuk tirakat, iaitu … Menurut pakar ilmu kejawen, jika sudah berada di level ini kita dengan mudah menemubual adi ari-ari, dan jika kita boleh menyatukan mereka dengan diri.

Memasuki alam suwung (kosong) adalah sebuah kenikmatan tersendiri yang akan berlanjut dengan rasa kasmaran untuk pencarian jati diri. Dari situlah ia berangkat mendaki untuk mencari siapa sebenarnya jati dirinya.

Mencari

Karena itulah, seseorang yang menekuni spiritualitas Jawa, biasanya akan sadar bahwamencari Tuhan itu tidak perlu kemana-mana, karena Dia ada di dalam diri. Itu sejalan dengan apa yang disabdakan oleh filsuf Yunani, Socrates, bahwa barangsiapa yang mengenal dirinya, akan mengenal Tuhannya.

Bahwa tujuan hakiki dari kejawen adalah berusaha mendapatkan ilmu sejati untuk mencapai hidup sejati, dan berada dalam keadaan harmonis hubungan …. Kamu harus memahami alam jati diri (jagad alit), bila kamu belum paham jati dirimu, maka akan sulit untuk menemukan (alam kelanggengan).

Dalam proses mencari jati diri ini tidak mudah, karena memerlukan ketekunan dan kesabaran yang luar biasa dalam melatih diri untuk tirakat,  Menurut para pakar ilmukejawen, kakang kawah dan adi ari-ari jumlahnya ada empat dan wajahnya semuanya seperti kita.

MANUSIA adalah makhluk yg paling sempurna dibanding dgn makluk lainya, oleh sebab itu maka manusia wajib mengetahui akan kemanusiaanya dan juga mengerti akan kesejatianya , supaya sempurna hidupnya karena memahami akan makna diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *