Tentang Cara Menanam Bawang Merah Yang Benar dan Baik

mediatani.co Cara Menanam Bawang Merah Dengan

Bawang merah yaitu salah satu tanaman yang termasuk kedalam umbian tanah, dan juga tanaman yang memiliki perakaran yang serabut di bagian pangkal umbi.

Tanaman bawang merah ini diduga berasal dari Asia Tenggara yang menyebar luas keberbagai wilayah dan juga tempat lainnya, bawang merah ini biasanya digunakan sebagai bumbu atau tambahan masakan yang bertujuan untuk memberikan cipta rasa khusus dalam masakan tersebut.

Jenis lahan yang baik untuk cara menanam bawang merah yaitu jenis lahan yang sesuai dengan karakter tumbuh tanaman bawang merah Sendiri.

Suhu yang cocok bagi pertumbuhan bawang merah adalah 27 32 derajat celcius sehingga bawang merah sendiri membutuhkan penyinaran matahari lebih dari 12 jam setiap harinya.

Pemilihan bibit bawang merah adalah langkah awal bagi anda untuk memulai proses budidaya bawang merah.

Salah satu Cara yang paling umum dilakukan para petani bawang merah dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit bawang merah adalah dengan menggunakan pestisida, para petani beranggapan bahwa pestisida dapat menjamin keberhasilan usaha tani.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penerapan teknologi pengendalian hama terpadu merupakan alternatif yang tepat yaitu dengan mengkombinasikan beberapa cara pengendalian yang secara ekonomi, ekologi dan sosial dapat dipertanggung jawabkan.Tujuan akhir dari konsep PHT (Pengendalian Hama Terpadu) adalah memperoleh hasil panen yang optimal dengan kualitas dan bermutu tinggi, biaya produksi yang rendah serta mempertimbangkan faktor ekologi dan kondisi sosial para petani.

Rata rata hasil panen normal bawang merah untuk 1 hektar lahan menghasilkan 5 12 ton Bawang merah itu tergantung kondisi lahan, iklim dan cuaca daerah tersebut.

Tak perlu lahan yang sangat luas, Anda juga bisa mencoba menanam bawang merah sendiri di rumah dengan menggunakan alat dan bahan yang ada.

Apa itu KLG dan Apa Manfaatnya? Mengenal Obat KLG

Obat KLG merupakan produk baru yang sudah terbukti manjur untuk membesarkan penis secara alami.   Keharmonisan keluarga sangat penting bagi Anda, mungkin anda termasuk orang yang perlu mencoba KLG jika Anda merasa iri atau malu bahkan tidak percaya diri dikarenakan ukuran penis anda sekarang kecil. Kami perkenalkan produk obat pembesar penis alami bernama KLG, Terbukti ampuh dapat memperbesar penis serta memanjangkan alat vital. kenikmatan dan kenyamanan hubungan seksual bisa anda rasakan jika anda dan pasangan melakukannya secara serius dan bersungguh sungguh.

jualobatpembesarklg.com

KLG Pills terbuat dari bahan-bahan herbal alami dari China dan India yang sudah digunakan sebagai ramuan tradisional. KLG Asli Lebih Bagus Dari VIMAX harga Rp 400.000.

73% wanita tidak merasa puas selama berhubungan intim karena stamina daya tahan seksualitas pasangannya, KLG Pills adalah solusi berkhasiat menambah panjang dan besar pada lingkar penis,meningkatkan gairan seksual,membantu mencapai ereksi kuat kencang, tahan lama.  pengkonsumsian obat ini juga mampu mengembalikan kemampuan Anda untuk merasakan ereksi di pagi hari. Dengan rangkaian pengobatan panjang (30 hari) akan membantu mengembalikan fungsiereksi Anda untuk selamanya. Pria kuat perkasa sangat identik dengan memiliki penis besar,panjang,keras,kuat dan tahan lama saat berhubungan intim bisa mencapai klimax.

KLG adalah produk herbal alami tanpa efek samping dan berkhasiat untuk mengatasi masalah pria. Penjual KLG yang asli yaitu JUALOBATPEMBESARKLG.COM yang menawarkan Harga KLG Asli Spesial Promo serta Diskon Untuk Minimal Pembelian Obat Pembesar 3 Box. Bagi Anda yang berminat dengan KLG PILLS perlu hati-hati dalam membeli karena banyak produk palsu yang dijual online.

 

Cara pemesanan KLG dapat menghubungi nomor yang terdapat di website resmi yang memberi garansi pasti sampai ketempat tinggal yang anda inginkan.

 

Pemasaran Online, Unsur Langkah Dan Strateginya

Pemasaran Online | Unsur Langkah Dan Strateginya yang efektif dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah strategi atau metode untuk mengenalkan konsumen/publik dengan brand/produk/jasa secara online yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif.  Strategi Pemasaran Online adalah sebuah proses penyusunan komunikasi yang sebelumnya sudah di susun dengan beberapa kaedah dan Bagi banyak perusahaan bertujuan untuk menghemat anggaran, menjalankan bisnis dan mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Manfaat Pemasaran Online

Salah satu manfaat dari pemasaran online adalah Anda dapat melakukan perubahan dengan cepat. Biaya pemasaran online relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran offline (efisien).  Pemasaran online melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas (efektif). Melakukan pemasaran online sangat menguntungkan jika anda tahu Caranya.

Seorang Internet Marketers, sudah selayaknya menguasai strategi atau cara pemasaran online yang efektif.

Pemasaran Online, Unsur Langkah Dan Strateginya

Cara Kerja Pemasaran Online yang Efektif

  • Survei Pasar dan Analisa Kata Kunci

Di dunia maya, riset pasar sering disebut sebagai riset kata kunci atau keyword. Berbekal keterampilan analisa keyword, Anda bisa menemukan peluang mendapatkan pelanggan.

  • Membuat Halaman Pemesanan (Halaman Bisnis) atau Website untuk mengenalkan produk atau Jasa yang dimiliki.

Untuk memasarkan produk atau jasa di internet terlebih dahulu kita harus sudah memiliki halaman (URL) bisnis. Misalnya Website profil Usaha perusahaan atau yang sering dikenal dengan istilah corporate untuk mengenalkan keunggulan perusahaan tersebut, memuat foto-foto produk beserta sedikit penjelasan. Unsur utama yang wajib ada yaitu About Us, portofolio, Testimoni, Galeri produk atau Jasa.

  • Mendatangkan trafik (pengunjung) dengan Iklan, Social Media, Dengan Mesin Pencari

Ada banyak jenis iklan yang bisa kita gunakan, semua jenis iklan bisa menghasilkan penjualan namun setiap jenis iklan ada rahasia yang harus dikuasai supaya iklan Anda menghasilkan. Diantara jenis iklan yang Saya tahu; iklan PPC, Iklan PTC, Iklan Social Media, Iklan di Blog, Iklan di Forum, Iklan di website periklanan.

Social media selain menyediakan fasilitas iklan (trafik berbayar) juga bisa kita gunakan untuk mendatangkan trafik gratis yaitu dengan membuat grup sesuai market Anda, menemukan orang-orang yang seinterst dengan nice tersebut dan mengundang mereka bergabung di grup. Melakukan komunikasi yang rutin dengan anggota grup, dan sesekali menyebarkan link url bisnis.

Untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari, bisa Anda lakukan dengan menulis artikel seperti yang sedang saya lakukan ini.

  • Mendapatkan Kontak Pengunjung

Jangan biarkan pengunjung yang datang pergi begitu saja dan melupakan Anda. Pastika Anda bisa menghubungi mereka dengan mendapatkan kontak mereka. Caranya tawarkan untuk berlangganan artikel, tawarkan sesuatu yang gratis, tawarkan diskon dan silahkan pikirkan juga cara-cara lainya.

  • Menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan pengunjung

Berikan salam, tanyakan kabar, berikan ucapan selamat ulang tahun (hadiah) dan sebagainya. Jadikan mereka selalu ingat Anda.

Kira-kira begitu masukan dari Saya, Jika Anda berkenan untuk Share artikel ini Saya sangat berterimakasih.

Karangan Bunga Duka Cita Sebagai Ungkapan Belasungkawa

Toko Karangan Bunga karanganbunga99.com merupakan salah satu toko karangan bunga yang melayani pembuatan dan juga pengiriman bunga duka cita dalam berbagai desain dan ukuran ukuran. Bunga merupakan suatu benda yang menyerbakkan bau wangi sekaligus mewakili kata hati. Bunga menjadi sebuah benda yang dapat menyampaikan maksud kepada perasaan seeorang.

Kematian Bukanlah Peristirahatan Terakhir,itu baru awal kehidupan yang yang tiada akhir. Kehidupan dan kematian bagaikan dua sisi mata uang, Pada umumnya ucapan belasungkawa atau turut berduka cita diperuntukan bagi keluarga yang baru ditinggal pergi untuk selamanya berupa kata kata turut berduka cita yang bisa digunakan sebagai ungkapan perasaan atas kehilangan orang yang dicintai, dikasihi.

Papan bunga duka cita adalah suatu jenis karangan bunga untuk menyampaikan duka cita atau belasungkawa. Bunga papan atau papan bunga (Stick Werk) adalah pilihan paling tepat untuk mengungkapkan sebuah ucapan duka cita. Karangan Bunga Duka cita menjadi sebuah mediasi menyampaikam pesan Duka cita pada mitra, rekan bisnis, clien, saudara, kerabat, relasi.

Sekarang ini, semakin banyak model-model karangan bunga duka cita yang dapat kamu pilih untuk mengungkapkan perasaan bersedih, Ucapkan rasa belasungkawa anda kepada teman, kerabat yang di tinggalkan anggota keluarganya menggunakan Karangan Bunga Duka Cita. 

Partai Politik, Pohon yang Terkutuk Dalam Alquran

Partai Politik |

Partai politik adalah organisasi yang tidak memiliki manfaat sedikitpun pada masyarakat. Yang ada di otaknya hanyalah bagaimana meraih dan mempertahankan kekuasaan. Orang-orang yang di kepalanya penuh dengan pemikirian bagaimana meraih dan mempertahankan kekuasaan berkumpul dalam satu wadah yang disebut partai politik ini. Ikatan kepartaian adalah ikatan yang merusak kehidupan msyarakat lebih parah daripada ikatan kesukuan.

Apakah Alquran sebagai Kitab Akhir Zaman yang menjelaskan segala sesuatu tidak membahas perkumpulan yang bermasalah ini? atau kita tidak diperingatkan oleh Alloh SWT dari makhluk bernama partai politik Ini?

Ternyata tidak demikian, bahkan Alloh SWT telah memperingatkan kita namun kita telah gagal paham selama ini.

Sesungguhnya didalam Alquran Alloh SWT telah membuat perumpamaan-perumpamaan dan Alloh SWT telah membuat pernyataan bahwa dengan perumpamaan-perumpamaan itu Alloh hendak memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya dan dengan perumpamaan itu pula Alloh hendak menyesatkan orang yang dikehendakinya.

Perumpamaan-perumpamaan itu tidak bisa kita pahami dengan tafsir. Apabila kita hanya mengandalkan tafsir dalam memahami Alquran maka kita akan mengalami gagal paham ketika berhadapan dengan ayat yang berisi perumpamaan.

Kata syajaroh atau pohon ada digunakan dalam Alquran untuk menyebut fisik bendanya, namun tidak berarti semua kata syajaroh harus dimaknai pohon karena kata ini juga digunakan sebagail bahasa simbolis. Seperti pohon yang disebut-sebut dalam kisah Adam AS. Jika kita hanya memaknai sebagai bentuk fisik pohon, maka ayat-ayat tersebut tidak punya kaitan dengan kita atau dengan kata lain hanya sebuah dongeng orang terdahulu.

Alquran bukanlah dongeng orang terdahulu, itu hanyalah anggapan orang-orang jahiliyah. Bahkan setiap ayat dalam Alquran pasti berkaitan dengan urusan kehidupan manusia meskipun aya-ayat tersebut dikemas dalam betuk cerita dan perumpamaan.

Saya akan mengupas apa itu pohon terlaknat yang Adam (manusia) dilarang mendekatinya. Pohon yang oleh iblis disebut sebagai pohon kekuasaan yang kekal (terus-menerus).

Apa Sebenarnya yang dikatakan Iblis Kepada Adam AS?

Simak baik-baik ayat berikut:

(سورة الأعراف, Al-A’raaf, Chapter #7, Verse #20)

فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِن سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَـٰذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَن تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ

Koreksi bacaan: kata مَلَكَيْنِ seharunya dibaca malikaini (penguasa ) bukan malakaini (malaikat) Dalilnya adalah ayat ini:

فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ الشَّيْطَانُ قَالَ يَا آدَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَىٰ شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَّا يَبْلَىٰ

(سورة طه, Taa-Haa, Chapter #20, Verse #120)

Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?”

(سورة طه, Taa-Haa, Chapter #20, Verse #120)

Ayat tersebut menjelaskan topik yang dibahas oleh Iblis (syetan) adalah kekuasaan (meraih dan mempertahankan kekuasaan/politik) bukan menjadi malaikat. Dengan demikian makna surat Ala’rof ayat 20 seharusnya begini:

Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi penguasa atau tetap dalam kekuasaan.

Perlu diketahui bahwa pertama kali Alquran dibukukan pada masa Utsman bin Affan RA belum ada harokat, penambahan harokat baru dilakukan pada masa Mu’awiyah. Kondisi saat itu, generasi awal sahabat tinggal sedikit dan yang sedikit itu tidak berada di posisi yang pro terhadap Mu’awiyah. Dengan demikian harokat Alquran tidak termasuk ijma’ sahabat dan koreksi terhadap harokat masih mungkin dilakukan, apalagi di zaman teknologi canggih.

Apa hububunganya mendekati pohon dengan kekuasaan? Apa hubunganya memakan buah dari pohon itu dengan terbukanya aurat? Apakah ini tahayul? tentu bukan bahkan pohon itu adalah bahasa simbol, dan juga aurat adalah perumpamaan.

pohon yang baik

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,

(سورة ابراهيم, Ibrahim, Chapter #14, Verse #24)

pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.

(سورة ابراهيم, Ibrahim, Chapter #14, Verse #25)

pohon-2

Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun.

(سورة ابراهيم, Ibrahim, Chapter #14, Verse #26)

Apa makna simbolis dari pohon yang berhubungan dengan kekuasaan? Mari kita bahas tentang pohon….. Pohon disini bisa dimaknai sebagai lembaga, wadah, perkumpulan, organisasi yang bertujuan untuk meraih dan mempertahankan kekuasaan, bisa dalam bentuk ikatan kesukuan, kerajaan, partai politik. Buah dari pohon kekuasaan ini adalah pemimpin yang tidak berkualitas.

Alloh SWT melarang manusia daripada pohon kekuasaan ini karena Alloh punya cara sendiri untuk mengagkat penguasa yang dijelaskan dalam ayat ini:

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa.  Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (Qs. an-Nur: 55)

Yang seharusnya menjadi penguasa dan mewarisi kekuasaan itu hanyalah orang yang beriman dan beramal sholeh.

Larangan Sistem Kerajaan (kesukuan)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan bapak-bapak dan saudara-saudaramu pemimpinpemimpinmu, jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka pemimpinpemimpinmu, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.

(سورة التوبة, At-Tawba, Chapter #9, Verse #23)

Laranga Sistim Partai Terbuka

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi Kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.

(سورة المائدة, Al-Maaida, Chapter #5, Verse #57)

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpinpemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(سورة الأعراف, Al-A’raaf, Chapter #7, Verse #27)

Partai Islam juga Tidak boleh

Bukan saja partai terbuka yang tidak boleh, partai Islam pun tidak boleh ada. Untuk pembahasan partai yang Islam akan Saya kupas dalam topik tersendiri. Isya Alloh SWT.

Revolusi Total

Revolusi adalah perubahan secara total, baik secara mental spiritual ataupun secara fisik dan kebendaan. Bukan disebut revolusi jika yang diusung hanya masalah materi, apalagi jika hanya bagian kecil dari masalah materi. Sebagai manusia yang beriman kita semua mengimpikan kesejahteraan baik di dunia apalagi di akherat.

revolusi total

Oleh karena itu revolusi harus dimulai dari perubahan mendasar terhadap cara pandang kita pada kehidupan. Pandangan hidup yang keliru adalah sumber dari segala sumber masalah kehidupan. Pandangan hidup keliru yang Saya maksud adalah pandangan hidup yang meyakini bahwa sebab dari kemuliaan adalah kepemilikan materi (harta). Dan karena kemuliaan itu adalah keinginan terbesar dari jiwa manusia, maka manusia akan menggunakan jasmaninya untuk meraih kemuliaan tersebut. Darisinilah sebagian besar aktifitas kejahatan dimulai, mulai dari suap, menipu, korupsi, mencuri, kongkalikong, aktifitas riba bahkan sampai pada pembuatan undang-undang yang tujuanya tidak lain adalah untuk memperkaya diri dan kelompoknya.

Kita semua, yang meyakini bahwa sebab dari kemuliaan adalah materi atapun jabatan dengan penghormatan dan pujian kita pada orang kaya dan pejabat pada hakekatnya telah ikut andil dalam menciptakan kehidupan yang penuh kerusakan. Karena dengan memberikan penghormatan dan pujian pada orang lain atas dasar harta dan kedudukanya, berarti kita telah memberikan energi kepada mereka untuk meningkatkan atau menambah apa yang sudah dimiliki. Dengan pujian dan penghormatan itu, Kita juga telah memberikan energi pada masyarakat secara umum bahkan pada generasi penerus kita.

Wahai orang-orang yang beriman Sesungguhnya Alloh SWT telah membuat pernyataan bahwa orang yang paling mulia disisi-NYa adalah orang yang paling bertaqwa. Maka sebagai umat Alloh SWT kita wajib mempunyai pandangan hidup bahwa taqwa itulah sebab dari kemuliaan, bukan harta ataupun kedudukan. Jika tidak demikian berarti kita telah menyelisihi Alloh SWT dan Rosulnya SAW. Oleh karena itulah kita tidak dibolehkan memuliakan orang karena harta dan kedudukanya. Kita hanya dibolehkan memuliakan orang karena taqwanya.

Alloh SWT juga telah membuat pernyataan bahwa diantara orang beriman yang paling takut kepada Alloh SWT adalah Ulama. Sedangkan rasa takut kepada Alloh SWT adalah energi terbesar bagi orang beriman untuk menjadi orang yang bertaqwa. Dalam pemahaman Saya yang dimaksud takut disini adalah takut kalau Alloh SWT mengurangi rahmat yang sudah diberikan dan takut kalau Alloh SWT tidak menambah rahmat untuk dirinya. Atas dasar inilah kita wajib memuliakan dan menghormati ulama, bukan orang kaya (pemilik modal, cukong, Kapitalis) atau orang yang memegang jabatan. Termasuk dalam hal memberikan loyalitas dan ketaatan.

Ulama Adalah Ulil Amri yang Sebenarnya

Semua umat Islam mungkin sudah hafal dengan potongan ayat yang terkait dengan ulil amri, karena potongan ayat tersebut sering digunakan oleh penguasa untuk melegitimasi kekuasaanya karena mereka memahami bahwa yang dimaksud ulil amri adalah penguasa. Padahal yang dimaksud ulil amri adalah ulama, bahkan penguasa itu jika beriman maka wajib taat pada Ulama. Dan haram hukumnya mengangkat pemimpin (penguasa) yang tidak taat pada Ulama apalagi yang tidak beriman. Haram bergabung dengan partai politik yang mengusung calon pemimpim dari orang-orang yang tidak taat pada ulama apalagi yang tidak beriman.

Pada masa awal Islam pemimpin politik adalah Rosululloh SAW sendiri kemudian para sahabatnya. Rosul mengirim para sahabat ke wilayah-wilayah Islam untuk memipin umat di wilayah-wilayah yang sudah masuk dalam wilayah kaum muslim. Merekalah yang dimaksud ulil amri saat itu, mereka adalah ulama mujtahid yang bisa menetapkan hukum berdasarkan Alquran dan Hadits untuk solusi kemasyarakatan.

Rosul SAW juga pernah bersabda bahwa amrul muslim adalah Islam. Urusan seorang muslim adalah Islam, bukan urusan dunia. Dengan demikian Ulil amri tidak bisa diartikan pemegang urusan duniawi (umaro), Sebaliknya ulil amri haya bisa diartikan pemegang urusan Islam, merekalah Ulama.

Sebagai warga negara kita taat kepada umaro, dan sebagai muslim kita taat kepada Ulama. Dan umaro yang muslim harus taat pada ulama.

Musyawarah

Musyawarah adalah syariat Alloh SWT yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Dalam konteks negara yang memiliki kemampuan bermusyawarah adalah Ulama, karena itu Majlis permusyawaratan harus diisi oleh Ulama. Tidak boleh orang bodoh duduk di majlis permusyawaratan karena hasil musyawarah tersebut nantinya akan menjadi hukum yang wajib ditati.

Berkata Kafir itu Perintah Alloh. Kok Dilarang?

Heboh lagi, ada yang melarang umat Islam berkata kafir. Berkata Kafir itu Perintah Alloh. Kok Dilarang? Oalah petantang petenteng, otak kebo.

Ini yang harus dikatakan orang Islam:

1, Katakanlah: “Hai orang-orang yang kafir, 2 aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. 3 Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah.  4 Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. 5 Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah.  6 Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku”. (QS. Al Kafirun)

1 Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, 2 Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. 3 Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
4 dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”. (QS: Al Ikhlash).

dan katakanlah : ‘Adakah keinginan bagimu untuk membersihkan diri (dari kesesatan)’

(سورة النازعات, An-Naazi’aat, Chapter #79, Verse #18)

katakanlah: “Aku tidak mengetahui, apakah azab yang diancamkan kepadamu itu dekat ataukah Tuhanku menjadikan bagi (kedatangan) azab itu, masa yang panjang?”.

(سورة الجن, Al-Jinn, Chapter #72, Verse #25)

katakanlah: “Dia-lah Allah Yang Maha Penyayang, kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah kami bertawakkal. Kelak kamu akan mengetahui siapakah dia yang berada dalam kesesatan yang nyata”.

(سورة الملك, Al-Mulk, Chapter #67, Verse #29)

katakanlah: “Hai orang-orang yang menganut agama Yahudi, jika kamu mendakwakan bahwa sesungguhnya kamu sajalah kekasih Allah bukan manusia-manusia yang lain, maka harapkanlah kematianmu, jika kamu adalah orang-orang yang benar”.

(سورة الجمعة, Al-Jumu’a, Chapter #62, Verse #6)

katakanlah: “Terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu sembah selain Allah; perlihatkan kepada-Ku apakah yang telah mereka ciptakan dari bumi ini atau adakah mereka berserikat (dengan Allah) dalam (penciptaan) langit? Bawalah kepada-Ku Kitab yang sebelum (Al Qur’an) ini atau peninggalan dari pengetahuan (orang-orang dahulu), jika kamu adalah orang-orang yang benar”.

(سورة الأحقاف, Al-Ahqaf, Chapter #46, Verse #4)

katakanlah, jika benar Tuhan Yang Maha Pemurah mempunyai anak, maka akulah orang yang mula-mula memuliakan (anak itu).

(سورة الزخرف, Az-Zukhruf, Chapter #43, Verse #81)

katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri .

(سورة الشورى, Ash-Shura, Chapter #42, Verse #23)

katakanlah: “Bagaimana pendapatmu jika (Al Qur’an) itu datang dari sisi Allah, kemudian kamu mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh?”

(سورة فصلت, Fussilat, Chapter #41, Verse #52)

katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua hari dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta alam”.

(سورة فصلت, Fussilat, Chapter #41, Verse #9)

katakanlah (ya Muhammad): “Sesungguhnya aku dilarang menyembah sembahan yang kamu sembah selain Allah setelah datang kepadaku keterangan-keterangan dari Tuhanku; dan aku diperintahkan supaya tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam.

(سورة غافر, Ghafir, Chapter #40, Verse #66)

katakanlah: “Maka apakah kamu menyuruh aku menyembah selain Allah, hai orang-orang yang tidak berpengetahuan?”

(سورة الزمر, Az-Zumar, Chapter #39, Verse #64)

Maka sembahlah olehmu (hai orang-orang musyrik) apa yang kamu kehendaki selain Dia . katakanlah: “Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat”. Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.

(سورة الزمر, Az-Zumar, Chapter #39, Verse #15)

katakanlah (hai Muhammad): “Aku tidak meminta upah sedikitpun kepadamu atas da’wahku; dan bukanlah aku termasuk orang-orang yang mengada-adakan.

(سورة ص, Saad, Chapter #38, Verse #86)

katakanlah: “Terangkanlah kepada-Ku tentang sekutu-sekutumu yang kamu seru selain Allah. Perlihatkanlah kepada-Ku (bahagian) manakah dari bumi ini yang telah mereka ciptakan ataukah mereka mempunyai saham dalam (penciptaan) langit atau adakah Kami memberi kepada mereka sebuah Kitab sehingga mereka mendapat keterangan-keterangan yang jelas daripadanya? Sebenarnya orang-orang yang zalim itu sebahagian dari mereka tidak menjanjikan kepada sebahagian yang lain, melainkan tipuan belaka”.

(سورة فاطر, Faatir, Chapter #35, Verse #40)

katakanlah: “Serulah mereka yang kamu anggap (sebagai tuhan) selain Allah, mereka tidak memiliki (kekuasaan) seberat zarrahpun di langit dan di bumi, dan mereka tidak mempunyai suatu sahampun dalam (penciptaan) langit dan bumi dan sekali-kali tidak ada di antara mereka yang menjadi pembantu bagi-Nya”.

(سورة سبإ, Saba, Chapter #34, Verse #22)

katakanlah: “Adakan perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)”.

(سورة الروم, Ar-Room, Chapter #30, Verse #42)

katakanlah: “Pada hari kemenangan itu tidak berguna bagi orang-orang kafir iman mereka dan tidak (pula) mereka diberi tangguh.”

(سورة السجدة, As-Sajda, Chapter #32, Verse #29)

katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?”

(سورة القصص, Al-Qasas, Chapter #28, Verse #71)

katakanlah: “Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

(سورة القصص, Al-Qasas, Chapter #28, Verse #72)

katakanlah: “Al Qur’an itu diturunkan oleh (Allah) yang mengetahui rahasia di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

(سورة الفرقان, Al-Furqaan, Chapter #25, Verse #6)

katakanlah (kepada orang-orang musyrik): “Tuhanku tidak mengindahkan kamu, melainkan kalau ada ibadatmu. (Tetapi bagaimana kamu beribadat kepada-Nya), padahal kamu sungguh telah mendustakan-Nya? karena itu kelak (azab) pasti (menimpamu)”.

(سورة الفرقان, Al-Furqaan, Chapter #25, Verse #77)

katakanlah: “Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya, jika kamu mengetahui?”

(سورة المؤمنون, Al-Muminoon, Chapter #23, Verse #84)

Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” katakanlah: “Maka apakah kamu tidak ingat?”

(سورة المؤمنون, Al-Muminoon, Chapter #23, Verse #85)

katakanlah: “Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya ‘Arsy yang besar?”

(سورة المؤمنون, Al-Muminoon, Chapter #23, Verse #86)

Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” katakanlah: “Maka apakah kamu tidak bertakwa?”

(سورة المؤمنون, Al-Muminoon, Chapter #23, Verse #87)

katakanlah: “Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab) -Nya, jika kamu mengetahui?”

(سورة المؤمنون, Al-Muminoon, Chapter #23, Verse #88)

Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” katakanlah: “(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?”

(سورة المؤمنون, Al-Muminoon, Chapter #23, Verse #89)

Bersambung

 

Mengawal Fatwa Tidak Perlu Dalil

Ada cemooh fatwa ko di kawal, mana dalilnya? Saya jadi ingin ikut campur. Mengawal fatwa tidak perlu dadil bos? Mengawal fatwa itu maksudnya mempromosikan fatwa supaya laku, karena mereka itu wong cilik tidak menguasai media mainstream sedangkan media mainstream tidak menghendaki fatwa tersebut.

Pencemooh tersebut juga pernah berfatwa bahwa jumatan di jalan tidak syah. Dan fatwa tersebut dikawal oleh media mainstream. Namun… walaupun yang mengawal adalah media mainstream, fatwa tersebut kurang laku. Tapi yang Saya heran walaupun fatwanya kurang laku si pencemooh masih merasa pengikutnya banyak, Jutaan. Mungkin Saya termasuk orang yang dianggap pengikutnya, karena Saya juga matan aktifis ormas yang sama dengan ormas si pencemooh.

Sholat di jalan

Sebagai mantan aktifis ormas yang sama, perlu saya informasikan bawha ada jutaan orang yang diakui sebagai bagian ormas ini ternyata mereka itu tidak merasa kalau mereka itu dianggap pengikut. Buktinya kalau kita undang yang datang sedikit, kalau pemilu juga sedikit. Apa kalau sama-sama tahlilan berarti pengikut? Ada jutaan orang yang tahlilan tapi tidak merasa sebagai bagian atau pengikut dari ormas yang tidak saya sebut. Mereka lebih punya kesadaran bahwa mereka itu pengikut partai yang katanya nasionalis. Saya tidak sebut partai nasionalis karena faktanya kita semua adalah nasionalis walaupun bukan bagian dari partai yang itu.

Dalam ormas yang saya pernah aktif di dalamnya itu pemimpin tertinggi adalah rois ‘aam. Rois ‘am bro bukan panjenengan. Rois ‘am ormas ini juga ketua MUI, yang fatwanya dikawal. Jadi yang berfatwa itu rois ‘am panjenengan dan yang mempromosikan fatwanya keturunan Nabi kita. Lah ko dicemooh, saran Saya sih mending buat puisi saja.

Terus Saya juga ada pertanyaan, siapa yang miminta fatwa syah tidaknya sholat jumat di jalan? Yang mau sholat jumatan apa aparat? Lah ko aparat sampai presiden ikut sholat jumat di jalan? Jika mereka yang meminta fatwa kemudian tidak merasa terikat dengan fatwa tersebut apa hukumnya? Mohon fatwa dan puisinya.

Rakyat Bersengketa Dengan Penguasa? Ini Solusinya

Dalam kehidupan bernegara akan selalu ada sengketa antara aparat penguasa dengan rakyat. Dan untuk mewujudkan keadilan sosial, harus ada lembaga Yudikatif yang khusus menangani hal ini. Di Indonesia kedudukan Yudikatif adalah sama sejajar dengan eksekutif dan legislatif. Kesejajaran ini harus nyata supaya keadilan bisa terjadi.

Di Negara Indonesia, banyak sekali kasus kedzoliman aparat penguasa terhadap rakyat namun rakyat hanya bisa pasrah tanpa bisa berbuat apa-apa. Mau mengajukan ke pengadilan? tidak mungkin karena rakyat harus melaporkan ke aparat untuk bisa ke pengadilan. Dan laporan itu tidak mungkin diproses oleh aparat jika yang dilaporkan adalah aparat itu sendiri. Ujung-ujungnya demo, minta supaya aparat terkait dicopot dari jabatanya. Jika tuntutan tersebut tidak dikabulkan? Kenyataan seperti ini adalah bom waktu yang nyata. Setiap saat bisa terjadi revolusi, kemudian revolusi lagi dan akan begitu terus.

Revolusi hanya bisa disebut reformasi jika tidak menyentuh masalah mendasar ini. Namun demikian reformasi yudikatif, bukan satu-satunya point perubahan karena selain masalah yudikatif masalah ekonomi, sosial, hankam dan lainya juga harus diperbaiki. Oleh karena itu revolusi tetap diperlukan, tapi dengan konsep yang jelas.

Rakyat adalah pemilik kekuasaan yang sesungguhnya, penguasa hanyalah pemegang mandat (petugas). Dengan demikian rakyat bisa mengambil mandat tersebut kapan saja bila petugas telah menyimpang dari mandat yang diberikan. Aktifitas rakyat dalam mengambil mandat ini tidak bisa disebut “makar”. Jika masih ada yang memahami demikian berarti goblog. Jika pemahaman tersebut diungkapkan di depan umum berarti goblog banget.