Mencari Jarak Sebenarnya

Mencari, atau menentukan jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya kita masih menggunakan segitiga ajaib seperti menghitung, mencari, atau menentukan volume, debit, dan waktu pada pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada hurufnya saja.

Mencari

SKALA sudah diajarkan sejak SD sebenarnya akan tetapi masih banyak yang bingung, nah disini aku akan mencoba menjelaskan mengenai skala dengan cara yang mudah, dan akan aku sertakan rumusnya bagaimana mencari skala, jarak sebenarnya, dan juga tak lupa jarak pada peta.

Setelah panjang dan lebar sebenarnya diketahui barulah menentukan luas sebenarnyasesuai dengan bentuk bangunnya. Karena sawah Pak Majid berbentuk persegi panjang maka kita gunakan rumus mencari luas persegi panjang, dan ukuran yang digunakan adalah ukuran panjang dan lebar

Skala merupakan perbandingan antara jarak sebenarnya dengan jarak di peta. Untuk menghitung dapat menggunakan rumus berikut: Jarak Sebenarnya = Jarak Peta X Skala. Contoh : Diketahui jarak Kota A ke Kota B pada peta dengan skala 1: 50.000 adalah 5,5 cm. Berapakah jarak Kota A ke Kota B.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *