Mencari Keliling Lingkaran

setelah kita mengetahui apa itu lingkaran beserta unsur-unsurnya sekarang saat kita membahas mengenai tema utama yaitu menghitung keliling lingkaran, Untuk cara mencari keliling sebuah lingkaran kita bisa memakai rumus: Rumus Keliling LingkaranKeliling Lingkaran = π x d. Atau karena d = 2 x r.

Mencari

Mengetahui cara menghitung keliling lingkaran akan dapat berguna bagi kehidupan sehari-hari, seperti untuk membantu pekerjaan pengrajin, atau untuk memosisikan pagar di sekitar bak mandi air panas.

Diketahui sebuah lingkaran memiliki keliling sebesar 66 cm. Hitunglah berapa diameter lingkarantersebut. Penyelesaian: Diketahui: Keliling = 66 cm. Ditanyakan: Diameter lingkaran? Jawab: Keliling= π × d. untuk mencari diameter, maka dibutuhkan rumusnya. Rumus mencari diamter adalah d =keliling / π. d = 66 / (22/7).

Setelah itu, cari kelilingnya dengan menggunakan benang pada lingkaran tersebut. Selanjutnya, ukur berapa panjang benang yang diperlukan untuk melingkari lingkaran tersebut. Setelah itu, hitung keliling lingkaran dengan rumus di atas. Kalau hasilnya sama atau minimal mendekati, berarti rumus di atas terbukti benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *