Mr Wong Palsu (Orang Munafiq) Sebuah Kajian Al Quran

بسم الله الرحمن الرحيم  Pada tulisan ini dengan pertolongan Alloh SWT, Saya akan menulis tentang Mr Wong Palsu (Orang Munafiq). Siapa itu Mr. Wong?   Dalam tulisan sebelumnya tentang Bocah Angon Dadi Wong (Anak Gembala Jadi Orang). saya telah menyatakan Pengertian an nas adalah seorang mukmin yang menjalankan amal sholeh . Dan saya tidak membuat istilah ini dengan asal-asalan, tapi berdasarkan nash-nash Al quran yang saya pahami ketika Saya meniliti perbedaan makna Annas dan Al Insan. Bahwa kata An Nas lebih dimaksudkan untuk menyebut orang-orang Mukmin yang beramal Sholeh.

Kata An Nas dan Al Insan selama ini diterjemahkan Sama yaitu manusia, akibatnya kita sulit memahami maksud dari ayat-ayat Al Quran yang mengandung kata An Nas dan Al Insan. Nah untuk memudahkan dalam proses memahami ayat-ayat terkait, Saya mengambil Istilah Wong/orang untuk terjemahan kata An Nas dan kata manusia pada terjemahan al Insan tetap sesuai dengan terjemahan yang sudah ada.

Kembali kepada judulnya tentang Mr Wong Palsu (Orang Munafiq) adalah manusia yang secara dzohir seperti wong/orang (Annas), namun sebenarnya dia cuma pura-pura saja. Dia punya maksud untuk melakukan tipudaya terhadap para wong.

Terjemah Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 8

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ آمَنَّا بِاللَّهِ وَبِالْيَوْمِ الْآخِرِ وَمَا هُم بِمُؤْمِنِينَ

Di antara wong-wong ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian” , padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.

Terjemah Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 9

يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَمَا يَخْدَعُونَ إِلَّا أَنفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

Mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.

Terjemah Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 10

فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ

Dalam hati mereka ada penyakit , lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.

Terjemah Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 11

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ قَالُوا إِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُونَ

Dan bila dikatakan kepada mereka: Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi , mereka menjawab: “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.”

Terjemah Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 12

أَلَا إِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُونَ وَلَـٰكِن لَّا يَشْعُرُونَ

Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar

Mr Wong Palsu Merasa dirinya Pintar

Apabila Mr Wong Palsu diingatkan supaya dia beriman yang sebenar-benarnya sebagaimana para wong yang lain, di akan berargumen bahwa dia lebih pintar daripada para wong tersebut sehingga dia mengatakan aku tidak akan mengikuti orang-orang bodoh itu.  Namun sebenarnya dialah yang bodoh, belum faham tapi sudah sok tahu.

Terjemah Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 13

Apabila dikatakan kepada mereka: “Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman”, mereka menjawab: “Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?” Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu.

silahkan dilanjutkan membaca ayatnya di Al quran surat Albaqoroh Hingga ayat 20 untuk memahami tentang Mr Wong Palsu (Orang Munafiq) ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *