Pembahasan Tentang Ruh (Sedikit Informasi dari Al Quran)

بسم الله الرحمن الرحيم Saya menulis Pembahasan Tentang Ruh (Sedikit Informasi dari Al Quran) ini bukan bermaksud pamer, melainkan supaya selalu ingat apa yang Alloh SWT ajarkan saat saya mendalami Alquran. Dan sekaligus minta tolong untuk didiskusikan, barangkali ada yang salah,  karena manusia itu tempatnya salah. Tapi bukan berarti menjadikan kita takut untuk mentadabburi Al Quran. Karena kalau kita tidak mentadabburi Al Quran juga salah.

Pada awalnya Alloh SWT menjiptakan Ruh (Nur) yang kemudian kita kenal dengan istilahipun Nur Muhammad. Ruh atau Nur ini memiliki 99 unsur dari Asmaul Husna. Kemudian Alloh SWT berkehendak untuk menciptakan manusia, maka diperbanyaklah ruh tadi sebanyak jumlah manusia yang akan diciptakan dari awal hingga akhir. Masing-masing ruh adalah spesifik, dengan kadar/takaran masing-masing unsur yang berbeda-beda. Kadar atau takaran ini yang kemudian akan menentukan takdir manusia.

Ada yang dilebihkan takarannya pada unsur Al quddus seperti Nabi Isya ‘alaihissalam, unsur-unsur dari ruh ini bisa dilebihkan dari awalnya ketika ditiupkannya ruh ke dalam janin di usia 120 hari dalam kandungan. Seperti yang terjadi pada Nabi Isya ‘alaihissalam.

Pada setiap manusia ada 3 unsur dasar yang langsung aktif yaitu unsur Assamii’ untuk aktivasi pendengaran, unsur Al Bashir untuk aktivasi penglihatan dan unsur al ‘aliim untuk aktivasi akal (hati). Kemudian ada unsur-unsur lain yang aktif seiring berjalannya waktu seperti unsur Al Mutakallim untuk aktivasi kemampuan berbicara.

Dari unsur Al Mutakallim (kemampuan berbicara) ini kita menjadi faham bahwa unsur-unsur lain dari ruh yang belum aktif itu bisa diaktifkan. Tentu kadarnya tetap berbeda-beda pada setiap orang, misalnya mengaktifkan unsur Al Ghoni bagi mereka yang ingin menjadi Kaya. Untuk mengaktifkan unsur-unsur tersebut tentu saja kita butuh pembimbing yang kredibel. Disinilah kita membutuhkan guru spiritual dan jalan spiritual.

Kembali ke awal penciptaan, setelah Alloh menciptakan ruh sebanyak jumlah manusia yang akan diciptakan dibumi baru kemudian Alloh SWT menciptakan alam semesta.

Nabi Muhammad SAW Sang Aktivator Ruh

Yang diberikan kemampuan terbaik oleh Alloh SWT untuk membantu kita mengaktifasi unsur utama dari ruh  dalam  diri kita adalah Nabi Muhammad SAW. Oleh karenanya kita harus punya keinginan kuat untuk bertemu Nabi Muhammad SAW dalam mimpi. Caranya adalah dengan berbanyak membaca Sholawat Nabi, lebih bagus lagi jika melalui guru-guru spiritual (Toriqoh).

Cara lain tanpa meninggalkan cara utama di atas adalah dengan mempelajari pesan-pesan Nabi Muhammad yang disampaikan kepada mereka yang sudah bertemu Nabi Muhammad SAW dalam mimpinya. Seperti Muhammad Qasim dari pakistan yang sudah ratusankali bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW dalam mimpinya.

Setelah unsur utama dari ruh dalam diri kita menjadi aktif,  bukan berarti  kita tidak butuh proses lain. Proses-proses lain seperti mengkaji Al Quran dan Hadist tetap menjadi faktor utama, Namun setelah unsur utama ruh dalam tubuh kita aktif kita akan lebih mudah dan lebih cepat dalam memahami ayat-ayat Alquran.

Masing-masing kita memiliki unsur utama dalam ruh dari diri kita yang kadarnya berbeda-beda. Unsur utama dan kadar tersebut yang akan menentukan peran kita dalam kehidupan dunia. Namun hal ini bukan amal, sebaliknya amal kita yang utama adalah yang terkait dengan peran kita di kehidupan dunia. Amal itulah yang nanti akan dimintai pertanggungjawaban disisi Alloh SWT. Tentu ada amal umum seperti ibadah mahdoh, namun ada amal khusus sesuai dengan perannya dalam kehidupan dunia. Misal orang yang yang takdirnya menjadi pemimpin, amal khusus yang harus dipertanggungjawabkan adalah seputar kepemimpinannya.

Tanda dari aktifnya ruh utama dalam diri kita adalah ketika kita mengenali diri kita, tujuan utama kita diciptakan sebagai individu dan peran apa yang harus kita jalankan dalam kehidupan dunia.

 

Berikut ini Saya sertakan link pesan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi Muhammad Qasim:

  • https://benderamu.blogspot.com/2020/05/dekat-qiyamah-islam-akan-bangkit-dari.html
  • https://benderamu.blogspot.com/2020/05/air-mata-nabi-muhammad-saw.html

 

Sementara sampai disini dulu, mungkin nanti saya lanjutkan pembahasannya. coba kembali ke tulisan ini setelah beberapa waktu. Mungkin sudah ada Update.